Science and Innovation Business Matching (SIBM)

  • 09 Oktober 2018
  • Dibaca: 45 Pengunjung
Science and Innovation Business Matching (SIBM)

Jakarta (09/10) – Kegiatan Science and Innovation Business Matching merupakan salah satu upaya dari BRSDM KP dalam rangka menghubungkan antara peneliti dengan para pelaku usaha dan masyarakat. Diharapkan produk-produk ilmu pengetahuan yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat dan para pelaku usaha perikanan di Indonesia. Muara akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 9 Oktober 2018 di Ballroom KKP, Gedung Mina Bahari III, Jakarta. Dihadiri oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia beserta jajarannya. LRPT pun turut berpartisipasi diwakili oleh Kasubsi PT, Bapak Fathur Rochman, S.Pi.

Kegiatan diawai dengan laporan kegiatan oleh Bapak Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA selaku kepala Badan Riset dan Sumber Daya KP dilanjutkan dengan penayangan video produk inovasi hasil kerjasama berupa produk kosmetik dan obat tradisional berbasis bahan aktif dari laut, vaksin hydrogalaksi, magot dan patin perkasa.

Kemudian sambutan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan arahan dari Menteri Kelautan dan Perikanan dan tidak ketinggalan pula acara launching produk inovasi MiniAIS  Automatic Identification System radar pantai dan Patin Perkasa yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala BRSDM KP kepada Dinas Kelautan dan Perikanan  Jawa Barat.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama dan kesepakatan bersama KKP dengan PT. Martha Tilaar dalam hal pra-licence, produksi dan pemasaran hasil bioteknologi kelautan yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara BRSDM KP dengan Pemkab Majene dalam rangka produksi masal Mini AIS untuk nelayan-nelayan kecil di Kabupaten Majene Sulawesi Barat.

Selanjutnya para peserta diarahkan untuk melakukan peninjauan terhadap display inovasi  yang telah dihasilkan oleh BRSDM KP diantaranya : mini AIS oleh Loka Perekayasaan Teknologi Wakatobi, produk lele unggul mutiara oleh riset Balai Riset Pemulihan Ikan, pengembangan vaksin Hydroforti, Probiotik Pro-G dan Budidaya ikan dewa oleh Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar (BRPBAT), produk the rumput laut oleh Balai Besar Riset  Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan Perikanan (BBRPPBKP), produk budidaya ikan rainbow oleh Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) dan  produk aplikasi identifikasi Alien and Invasive Species (AIS) oleh Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta.

Dan terakhir, acara dilanjutkan dengan diskusi panel inovasi riset yang dipimpin oleh  Bapak Dr. Ir. Toni Ruchimat, M. Sc selaku Kepala Pusat Riset Perikanan dengan pemateri dari masing-masing Unit Pelayanan teknis yang mewakili produk-produk unggulan masing-masing.

  • 09 Oktober 2018
  • Dibaca: 45 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita