KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) TRIWULAN I 2020, LOKA RISET PERIKANAN TUNA DENPASAR MENERIMA BEBERAPA MAHASIWA DARI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA¸ UNIVERSITAS UDAYANA SERTA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI

  • 15 April 2020
  • Dibaca: 1181 Pengunjung
KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) TRIWULAN I 2020, LOKA RISET PERIKANAN TUNA DENPASAR MENERIMA BEBERAPA MAHASIWA DARI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA¸ UNIVERSITAS UDAYANA SERTA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Loka Riset Perikanan Tuna yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Tidak dibatasi hanya pada lingkup kelautan dan perikanan kegiatan PKL ini juga dimungkinkan untuk bidang lain seperti administrasi perkantoran, statistika dan pengolahan data, teknologi informasi maupun bidang lainnya yang relevan dengan kegiatan di LRPT.

            Pada triwulan I tahun 2020 sebanyak 7 (tujuh) mahasiswa dari 3 (tiga) Universitas berbeda yaitu Universitas Trunojojo Madura, Universitas Udayana Denpasar serta Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi untuk melaksanakan kegiatan PKL di LRPT. Mahasiswa berasal dari  Program Studi Ilmu Perikanan, Ilmu Kelautan dan Biologi, dengan mengambil tema PKL di bidang enumerasi, histologi, otolith dan genetik. Tujuan pelaksanakan PKL ini adalah untuk  melatih mahasiswa belajar sesuai dengan kondisi di lapangan dan memperdalam pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kegiatan magang mahasiswa disambut baik oleh Kepala Loka Riset Perikanan Tuna dan seluruh pegawai. Mahasiswa juga sangat antusias dalam proses pelaksanaannya. Kegiatan magang ini meliputi seminar proposal mahasiswa, praktek pengambilan sampel di lapangan, proses pengamatan dan analisa di laboratorium, penyusunan laporan akhir, dan terakhir seminar hasil. Dalam melaksanakan kegiatan PKL mahasiswa dan didampingi oleh Analis Laboratorium serta Enumerator dalam proses pengamatan dan analisis di laporatorium serta praktek pengambilan sampel di lapangan serta dibimbing oleh satu peneliti dari LRPT di bidangnya masing-masing  selaku pembimbing lapangan.

Dalam kegiatan PKL ini mahasiswa masing-masing belajar mengenai Teknik Enumerasi Hasil Tangkapan Ikan Tuna, Metode Pengambilan dan Pembuatan Preparat Otolith untuk Pendugaan Umur Ikan, Teknik Analisis Keragaman Genetik serta Penentuan Tingkat Kematangan Gonad, Fekunditas dan Diameter Telur Ikan.

Hasil yang didapatkan selama melaksanakan kegiatan PKL disampaikan pada seminar hasil kegiatan PKL yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai II LRPT yang dihadiri oleh Kepala LRPT, Ketua Kelompok Peneliti, semua peneliti serta pembimbing lapangan PKL masing-masing. Adapun tujuan dari adanya seminar hasil PKL ini adalah sebagai bahan evaluasi bersama baik dari mahasiswa maupun pihak LRPT sebagai pelaksana layanan. Sehingga diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami kegiatan secara teknis, namun dapat menuliskan dan memaparkan dengan baik hasil serta analisis yang diperoleh selama proses PKL berlangsung.

Dengan kegiatan PKL ini mahasiswa mendapatkan ruang untuk memperdalam materi, menambah wawasan ilmu, dapat memperoleh gambaran nyata sehubungan dengan pekerjaan, membiasakan diri untuk berinteraksi dengan masyarakat khususnya di bidang perikanan dan kelautan sehingga kelak dapat menjadi lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja.

  • 15 April 2020
  • Dibaca: 1181 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita