PKL / Magang Mahasiswa

Layanan PKL/ Magang adalah layanan yang diberikan kepada kalangan akademisi terutama bagi mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana. Selama proses PKL/ Magang, mahasiswa akan mendapat bimbingan langsung dari peneliti LRPT dengan latar belakang dan kepakaran yang sesuai dengan minat mahasiswa yang akan melaksanakan PKL/ Magang.

Syarat Permohonan:

1. Menyampaikan surat permohonan PKL/ Magang kepada pihak LRPT dengan alamat: Loka Riset Perikanan Tuna, Jalan Mertasari No. 140, Sidakarya, Denpasar Selatan, Bali, 80224 atau

2. Melalui faksmili (0361) 8497447, email: lppt.benoa@gmail.com, lrpt@kkp.go.id atau

3. Datang langsung ke kantor Loka Riset Perikanan Tuna dengan alamat tersebut, menunjukkan kartu identitas dan mengisi buku tamu

Prosedur pelasanaan:

1. Universitas mengirimkan surat permohonan PKL/ Magang ditujukan kepada Kelapa Loka Riset Perikanan Tuna

2. Mendapat balasan dari pihak LRPT mengenai ijin kegiatan PKL/ Magang yang akan dilaksanakan

3. Universitas mengirimkan surat permohonan pembimbing instansi PKL/ Magang ditujukan kepada Kelapa Loka Riset Perikanan Tuna

4. Mendapat balasan dari pihak LRPT mengenai penunjukan pembimbing PKL/ Magang yang akan dilaksanakan

5. Pihak Universitas menerbitkan dan mengirikan SK/ Surat Tugas untuk pembimbing PKL/ Magang dari LRPT

6. Mahasiswa mengirimkan proposal kegiatan PKL/ Magang dan melengkapi form pelaksanaan serta surat pernyataan dan dikirimkan kepada pihak LRPT

7. Mahasiswa melaksanakan kegiatan PKL/ Magang sesuai dengan waktu yang telah diajukan dengan membawa surat permohonan PKL/ Magang dan SK/ Surat Tugas untuk pembimbing PKL/ Magang dari LRPT yang asli

8. Menyelesaikan PKL/ Magang sesuai waktu yang telah diajukan dan mematuhi seluruh tata tertib PKL/ Magang di LRPT

9. Mahasiswa menyerahkan Surat Keterangan Selesai PKL/ Magang kepada pihak LRPT

10. Mahasiswa memberikan presentasi hasil kegiatan PKL/ Magang pada akhir kegiatan (sebelum meinggalkan Loka Riset Perikanan Tuna)

11. Mahasiswa wajib menyerahkan 1 eksemplar Laporan Akhir Kegiatan PKL/ Magang yang telah ditanda tangani dan disahkan dari pihak Universitas kepada pihak LRPT

 

Dalam Pelaksanaan PKL/ Magang, Mahasiswa Wajib Mematuhi:

1. Mahasiswa yang akan melakukan kegiatan PKL/ Magang di Loka Riset Perikanan Tuna, wajib mengajukan permohonan secara resmi tertulis dari Fakultas, minimal 2 (dua) bulan sebelum tanggal pelaksanaan, ditujukan kepada Kepala Loka untuk mendapatkan ijin/ persetujuan, serta menunggu jawaban.

2. Waktu yang diperlukan untuk PKL/ Magang disesuaikan dengan kegiatan penelitian yang sedang berlangsung di Loka Riset Perikanan Tuna,  minimal 30 HOK (atau sesuai kesepakatan dengan pihak LRPT).

3. Dalam melaksanakan kegiatan (PKL/ Magang), mahasiswa yang bersangkutan, akan didampingi oleh seorang pembimbing (Peneliti), hasil koordinasi antara Kepala Loka, Kasubsi Pelayanan Teknis dan peneliti terkait. Tidak diperkenankan melakukan kegiatan sendiri tanpa persetujuan pembimbing.

4. Loka Riset Perikanan Tuna Tidak mengeluarkan Data Penilaian Akademik bagi mahasiswa ybs. Apabila Universitas/ Perguruan Tinggi ybs membutuhkannya, mohon untuk mengirimkan FORM Penilaian, sesuai kriteria yang dibutuhkan.

5. Mahasiswa diwajibkan membuat Laporan PKL/ Magang sesuai kegiatan yang diikuti dan setelah dicetak, wajib mengirimkan 1 (satu) eksemplar ke Perpustakaan Loka Riset Perikanan Tuna.

6 Mahasiswa diwajibkan mengisi dan menandatangani surat pernyataan, yang menyatakan apabila yang bersangkutan melakukan hal-hal seperti meminum minuman beralkohol, berjudi, pulang melewati jam malam yang ditentukan atau melakukan hal yang lain yang merugikan dan mencemarkan nama baik Balai, maka akan dikeluarkan dengan tidak hormat, disertai Surat Resmi dari Kepala Loka Riset Perikanan Tuna, yang ditujukan kepada Dekan/ Ketua Jurusan, dengan tembusan kepada pimpinan tertinggi Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

7. Mahasiswa diwajibkan berpakaian sopan dan rapi.

8. Mahasiswa diwajibkan untuk ikut memelihara kebersihan lingkungan kerja.

9. Kerusakan alat-alat/ fasilitas, sarana maupun prasarana kantor yang disebabkan keteledoran atau kelalaian mahasiswa yang bersangkutan, penggantiannya menjadi tanggung jawab mahasiswa yang bersangkutan.

10. Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Senam Kesegaran Jasmani yang diadakan setiap hari Jum’at minggu pertama setiap bulannya pada jam 08.00 WITA, bagi yang terlambat atau yang tidak mengikutinya, akan dikenakan sanksi membersihkan area/ halaman kantor.

11. Seluruh biaya hidup (akomodasi, komsumsi dan transportasi) selama melakukan kegiatan di Loka Riset Perikanan Tuna, menjadi tanggung jawab pribadi mahasiswa ybs.

12. Mahasiswa yang telah selesai melaksanakan kegiatan PKL/ Magangdiwajibkan melakukan Presentasi Hasil PKL/ Magang di Loka Riset Perikanan Tuna, sebelum mengikuti ujian PKL/ Magang di Fakultas masing-masing.

13. Surat Keterangan Selesai PKL/ Magang akan diberikan setelah mahasiswa ybs dinyatakan telah bebas dari semua tanggung jawabnya (peminjaman buku di perpustakaan, maupun penggunaan alat-alat Laboratorium) dan telah disetujui oleh peneliti pembimbing, dengan terlebih dahulu mengisi Form Keterangan Selesai, 5 (lima) hari sebelum berakhirnya batas waktu pelaksanaan kegiatan mahasiswa ybs. Surat Keterangan Selesai akan ditandatangani oleh Kepala Loka Riset Perikanan Tuna.

Tidak Dikenakan Biaya

Waktu Penyelesaian:

1. Melalui surat permohonan; menerima jawaban maksimal 5 hari setelah surat diterima pihak LRPT

2. Datang langsung; menerima jawaban maksimal 3 hari setelah pengajuan permohonan disampaikan

Panduan Lengkap Magang dan PKL dapat di download di sini.

LOKA RISET PERIKANAN TUNA

JALAN MERTASARI NO. 140, SIDAKARYA, DENPASAR SELATAN, BALI 80224

TELEPON (0361) 726201, FAKSIMILI (0361) 8497447, EMAIL: lppt.benoa@gmail.com atau lrpt@kkp.go.id