Penelitian Skripsi / Tesis

Layanan Penelitian Skripsi/ Tesis adalah layanan yang diberikan bagi mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana yang sedang mengerjakan tugas akhir. Selama proses Penelitian, mahasiswa akan mendapat bimbingan langsung dari peneliti LRPT dengan latar belakang dan kepakaran sesuai dengan judul penelitian yang diambil oleh mahasiswa. Selama pelaksanaan penelitian dan penggunaan data, mahasiswa wajib mematuhi peraturan yang ada di Loka Riset Perikanan Tuna.

Syarat Permohonan:

1. Menyampaikan surat permohonan Penelitian Skripsi/ Tesis kepada pihak LRPT dengan alamat: Loka Riset Perikanan Tuna, Jalan Mertasari No. 140, Sidakarya, Denpasar Selatan, Bali, 80224 atau

2. Melalui faksmili (0361) 8497447, email: lppt.benoa@gmail.com, lrpt@kkp.go.id atau

3. Datang langsung ke kantor Loka Riset Perikanan Tuna dengan alamat tersebut, menunjukkan kartu identitas dan mengisi buku tamu

Prosedur pelasanaan:

1. Universitas mengirimkan surat permohonan Penelitian Skripsi/ Tesis ditujukan kepada Kelapa Loka Riset Perikanan Tuna

2. Mendapat balasan dari pihak LRPT mengenai ijin kegiatan Penelitian Skripsi/ Tesisyang akan dilaksanakan

3. Universitas mengirimkan surat permohonan pembimbing dan penguji Penelitian Skripsi/ Tesis ditujukan kepada Kelapa Loka Riset Perikanan Tuna

4. Mendapat balasan dari pihak LRPT mengenai penunjukan pembimbing dan penguji Skripsi/ Tesisyang akan dilaksanakan

5. Pihak Universitas menerbitkan dan mengirikan SK/ Surat Tugas untuk pembimbing dan penguji Skripsi/ Tesis dari LRPT

6. Mahasiswa mengirimkan proposal Penelitian Skripsi/ Tesis dan melengkapi form pelaksanaan serta surat pernyataan dan dikirimkan kepada pihak LRPT

7. Mahasiswa melaksanakan kegiatan Penelitian Skripsi/ Tesis sesuai dengan waktu yang telah diajukan dengan membawa surat permohonan Penelitian Skripsi/ Tesis dan SK/ Surat Tugas untuk pembimbing dan penguji Skripsi/ Tesis dari LRPT yang asli

8. Menyelesaikan Penelitian Skripsi/ Tesis sesuai waktu yang telah diajukan dan mematuhi seluruh tata tertib di LRPT

9. Mahasiswa menyerahkan Surat Keterangan Selesai Penelitian Skripsi/ Tesis kepada pihak LRPT

10. Mahasiswa memberikan presentasi rencana penelitian Skripsi/ Tesis pada awal kegiatan dan hasil penelitian Skirpsi/ Tesis pada akhir kegiatan (sebelum meinggalkan Loka Riset Perikanan Tuna)

11. Mahasiswa wajib menyerahkan 1 eksemplar Laporan Akhir Skripsi/ Tesis yang telah ditanda tangani dan disahkan dari pihak Universitas kepada pihak LRPT

 

Dalam Pelaksanaan PKL/ Magang, Mahasiswa Wajib Mematuhi:

1. Mahasiswa yang akan melakukan kegiatan penelitian di Loka Riset Perikanan Tuna diwajibkanmengajukan permohonan secara resmi tertulis dari Fakultas, ditujukan kepada Kepala Loka untuk mendapatkan ijin/ persetujuan serta menunggu jawaban.

2. Pihak Fakultas diwajibkan mengajukan permohonan penunjukan pembimbing skripsi/ tesis, bagi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan penelitian. Berdasarkan surat tersebut, Kepala Loka melalui Kepala Subseksi Pelayanan Teknis akan berkoordinasi dengan peneliti terkait.

3. Nama Peneliti yang ditunjuk sebagai pembimbing, harus dicantumkan dalam lembar pengesahan sebagai pembimbing dan penguji untuk skripsi danpembimbing dan atau penguji untuk tesis dan berhak untuk menguji mahasiswa yang bersangkutan yang pelaksanaanya dapat dilakukan di Loka Riset Perikanan Tuna.

4. Mahasiswa yang akan melakukan penelitian di Loka Riset Perikanan Tuna diharapkan telah bebas kuliah, PKL dan KKN yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari Dekan/ Ketua Jurusan.

5. Sebelum melaksanakan penelitian, mahasiswa diharuskan menyerahkan proposal penelitian yang telah disetujui oleh peneliti yang membimbing dan diwajibkan mengikuti magang/ persiapan penelitian minimal selama 2 (dua) minggu sesuai dengan bidang rencana penelitiannya.

6. Melaksanakan orientasi laboratorium yang diperlukan, serta waktu yang dibutuhkan berdasarkan pertimbangan dosen atau peneliti pembimbing.

7. Mahasiswa bertanggung jawab terhadap pelaksanaan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data serta membuat laporan ringkas tentang pelaksanaan penelitian secara bertahap (mingguan, bulanan) dan diserahkan kepada peneliti pembimbing hingga penyelesaian penulisan hasil penelitiannya (skripsi/ tesis).

8. Data hasil penelitian, hak atas publikasi menjadi  milik Loka Riset Perikanan Tuna. Mahasiswa berhak atas laporan skripsi/ tesis sesuai arahan/ pembimbing peneliti.

9. Mahasiswa diwajibkan mengganti biaya pemakaian bahan analisis (bahan-bahan kimia, dll) yang berkaitan dengan penelitiannya.

10. Mahasiswa yang telah selesai melaksanakan kegiatan penelitian diwajibkan melakukan Seminar di Loka Riset Perikanan Tuna, sebelum mengikuti ujian skripsi/ ujian tesis di Fakultas masing-masing. Mahasiswa yang bersangkutan wajib menyerahkan 1 (satu) eksemplar skripsi/ tesis serta menyumbang 1 (satu) buah buku, untuk perpustakaan Loka Riset Perikanan Tuna.

11. Surat keterangan selesai akan diberikan setelah mahasiswa dinyatakan bebas/ tidak mempunyai tanggungan (biaya analisa, biaya asrama, pinjaman buku perpustakaan, dll) di Loka Riset Perikanan Tuna (LRPT).

12. Hal-hal yang belum tercantum dalam ketentuan ini akan diatur kemudian sesuai kebutuhannya (yang berkaitan dengan penelitian).

Tidak dikenakan biaya

Waktu Penyelesaian:

1. Melalui surat permohonan; menerima jawaban maksimal 5 hari setelah surat diterima pihak LRPT

2. Datang langsung; menerima jawaban maksimal 3 hari setelah pengajuan permohonan disampaikan

Panduan lengkap Penelitian Skripsi/Thesis dapat didownload di sini.

LOKA RISET PERIKANAN TUNA

JALAN MERTASARI NO. 140, SIDAKARYA, DENPASAR SELATAN, BALI 80224

TELEPON (0361) 726201, FAKSIMILI (0361) 8497447, EMAIL: lppt.benoa@gmail.com atau lrpt@kkp.go.id